10 Legenda Komedian Dunia

Tak bisa membanyangkan dunia ini tanpa komedian. Kita harus bekerja keras hanya untuk bisa ketawa karena  karena sulit mencari orang yang bisa membuat kita tertawa. Atau bisa jadi fenomena ini, kalau memang terjadi menjadi sesuatu yang lucu dan bida ditertawakan. Yang jelas, sejak jaman purba dulu komedian atau pelawak sudah ada meskipun belum ada profesi “komedian”.  Orang yang dengan mudah bisa memunculkan kelucuan, segera bisa dianggap sebagai komedian.
Hingga kini masih menjadi perdebatan, apakah kemampuan melucu adalah kemampuan yang lebih didasari oleh bakat, atau kemampuan yang bisa dipelajari.  Ketika berada di luar panggung saat kita menyaksikan seorang pelawak tengah beraksi mungkin kita akan berkomentar, ah… betapa mudahnya menjadi pelawak. Aksi dan kata – kata bodoh seperti itu saja sudah memancing tawa penonton. Tapi belum tentu anda akan berpendapat sama jika anda sendiri yang naik ke panggung dan mencoba untuk menghibur penonton. Jangankan melawak, menghibur dengan satu kelucuanpun bisa menjadi satu hal yang sangat sulit jika anda sudah gagal pada saat awal anda tampil di atas panggung.

10. Charlie Chaplin
Tak banyak yang tahu nama lengkap sang legenda ini. Charlie Chaplin terlahir di London, 16 April 1889  dengan nama asli  Charles Spencer Chaplin. Charlie Chaplin adalah komedian Inggris yang menjadi bintang Hollywood pada era film bisu. Komedi layar lebar yang ditampilkan Charlie waktu itu sangat dominan dengan gerak pantomim  dan slapstik. Bahkan hingga kini, gerak pantomim Charlie masih menginspirasi banyak pantomim dunia, termasuk pemain pantomim Indonesia Septian Dwi Cahyo.
Chaplin aktor penting yang sangat kreatif di dunia perfilman di masanya. Dia bahkan sering  merangkap jabatan , mulai dari peran utama, sutradara, penulis naskah, hingga pengisi ilustrasi musik. Karier di dunia hiburan berlangsung selama 65 tahun, dirintisnya sebagai pemeran cilik di panggung zaman Victoria dan pertunjukan komedi music hall di Inggris, dan terus berkarya hingga sebelum meninggal di usia 88 tahun. Kehidupan Chaplin penuh pasang surut, mulai dari masa kecil yang dibalut kemiskinan, hingga tiba di puncak ketenaran bintang Hollywood sekaligus simbol budaya. Kehidupan pribadinya yang gemerlap mengundang banyak sanjungan sekaligus kontroversi.
Di dalam film-filmnya, Chaplin sering memerankan karakter "The Tramp", seorang gelandangan berpotongan kumis petak yang memiliki etiket dan martabat seorang bangsawan. Kostum berupa jas kesempitan, celana panjang yang kebesaran, serta ke mana-mana membawa tongkat dan memakai topi tinggi.
.
9. Bill Cosby
Bill Cosby adalah seorang pelawak kulit hitam yang sangat dicintai oleh masyarakat Amerika, bahkan mungkin banyak maysarakat non Amerika . Bill Cosby masuk ke dunia hiburan diawali dengan karir solonya pada tahun 1963. Pada saat itu dia telah berhasil membuat berbagai acara TV show Dia terjun di dunia pertunjukkan sebagai seorang pelawak solo pada tahun 1963 dan telah muncul dalam banyak acara top TV yang bersejarah seperti I Spy, The Cosby Show, Cosby, dan Kids Say the Darndest Things. Dia juga penulis berbagai buku terlaris seperti Cosbyologi, Time Flies, danFatherhood, dan juga buku seri Little Bill untuk anak-anak dan fabel untuk semua umur, Friends of a Feather, yang ilustrasinya dibuat oleh putrinya sendiri, Erika Cosby.


8. Rodney Dangerfield

Warga asli Long Island, Dangerfield (lahir dengan nama Jacob Cohen) pertama kali masuk ke dunia hiburan terutama bidang komedi pada dekade 1940-an dengan nama Jack Roy. Setelah sempat menjadi pengusaha pada 1950-an, ia kembali ke berkiprah sebagai komedian dengan nama pentas Rodney Dangerfield pada 1960-an dan membuka klub komedi miliknya tahun 1969, salah satu klub pertama jenis itu di AS.
Dengan kombinasi baju putih dengan dasi merah (kini dipamerkan di museum Smithsonian), Dangerfield memperkenalkan kata populer "I can't get no respect" yang kemudian menjadi bagian kultur Amerika. Sejak 1970-an, Dangerfield berada dimana-mana termasuk film (Anda mungkin ingat "Caddyshack"), televisi dan pentas. Tidak hanya itu, iapun dianggap menemukan para komedian populer seperti Jerry Seinfeld, Jim Carrey, Roseanne, Robert Townsend dan Tim Allen.

7. Robin Williams

Robin Williams  aktor serba bisa yang dikenal publik tanah air melalui perannya sebagai seorang ayah yang kesulitan menemui anak-anaknya hingga harus menyamar menjadi seorang pengasuh anak. Dalam film berjudul Mrs. Doubtfire tersebut, akting  lucunya benar – benar alami sehingga membuat banyak orang terkesan bahkan penonton anak – anak sekalipun.  Penghargaan Aktor Komedi terbaik pun diraihnya pada film Mrs, Doubtfire . Dia berhasil menyingkirkan aktor – aktor komedi  papan atas Holywood  lainnya seperti Tom Hanks (Sleepless in Seattle), Johnny Depp (Benny & Joon), Kevin Kline (Dave), dan Colm Meaney (The Snapper).  Selain itu, film ini juga memenangkan penghargaan yang sama untuk kategori Best Picture.
Sayangnya di dunia nyata Robin Williams memiliki kehidupan yang  tragis, tak semanis dan sekocak penampilannya di film – film komedi yang dibintanginya. Robin Williams ditemukan tewas di kediamannya di Marin County, Tiburon, California.  Kepolisian setempat mengatakan bahwa sang aktor serba bisa itu ditemukan tak sadarkan diri di lantai salah satu ruangan di rumahnya. Berdasarkan laporan koroner yang dirilis beberapa jam kemudian, sang aktor diduga meninggal bunuh diri akibat asphyxia, sejenis depresi yang memang diketahui sudah lama dialaminya. Dia mengakhiri sendiri hidupnya pada usia 63 tahun.


6. Lenny Bruce
Lenny Bruce memberikan terobosan barupada dunia komedi standup selama beberapa waktu dan membuka banyak jalan baru untuk komedian masa depan. Meskipun sikapnya kaku dan tidak terlalu peduli, dia selalu diterima dengan baik. Dia seperti terjebak pada keinginan kuatnya untuk  menunjukkan kepada dunia bahwa ada banyak sekali humor yang dapat diekstraksi keluar dari kontroversi.


5. Eddie Murphy
Sebelum aktor terkenal Eddie Murphy membuat nama untuk dirinya sebagai seorang aktor ia sudah sangat terkenal karena rutinitas standup nya. Seorang komedian muda yang sangat berbakat, karirnya melesat karena perjuangan kerasnya. Dia begitu dikenal karena dedikasi pada profesinya sebagai seorang komedian. Pencapaian yang didapatnya dipertahankan dengan terus bekerja dan selalu berusaha memperbaiki diri. Pelawak sesekali memang  harus menjadi pejuang.

4. Steve Martin
Dia adalah seorang komedian yang sangat berbeda yang dikenal untuk menjadi tangan lucu di bawah kakinya. Kepribadian multi-berbakat, ia memiliki karunia untuk mengubah sesuatu yang lucu. Ia juga telah membintangi beberapa film di sangat lucu dan juga diproduksi dan diarahkan beberapa film lucu. Lagu instan Nya dan sajak selalu menjadi hit besar bahkan dalam film-filmnya.


3. Richard Pryor
Richard Pryor sangat terampil membuat suara lelucon terkotor dan terburuk lucu. Rutin Nya dikenal sebagai berani skandal dan dia memiliki bakat membuat humor di situasi kehidupan nyata yang membuatnya berhasil untuk sebagian besar.


2. George Carlin
George Carlin telah humor gelap dan ia menarik semua ini sangat baik. Dia adalah penuai suram humor standup dalam cara yang baik. Dia khawatir mungkin tentang penurunan peradaban modern seperti lelucon nya semua sangat berpusat pada tema-tema.


1. Bill Hicks
Hicks perspektif langka dan ini adalah apa yang perspektif yang sangat membantu dia menjalani hidupnya dan membuat komedi indah. Gayanya menggunakan satir dimuat bekerja luar biasa baik untuk memberikan dua pesan dalam satu. Gaya komedi membantunya memenangkan banyak penggemar dan teman-teman yang memahami dirinya dan mencoba untuk mengerti dia. 
Load disqus comments

1 comments: