22 Hewan Bawah Laut Yang Misterius dan Aneh

ANEH BIN UNIK - Banyak sekali hewan yang ada di dunia ini. Mulai dari yang berkaki dua hingga dengan yang punya kaki banyak. Ada pula hewan yang punya rambut hingga benar benar kulitnya licin. Ada pula hewan yang punya sistem pernapasan menggunakan trakea, hingga dengan hewan yang bernapas dengan insang dan kulit. Keaneka ragaman ini membuat fauna yang ada di dunia semakin kaya.

hewan-hewan yang ada di dunia haruslah kita ketahui. Terutama kita jaga kelestariannya. Mengapa ? Hal ini bertujuan tuk menjaga keturunannya. Agar gak langka, itu ialah alasan yang pertama. Selanjutnya, tuk menjaga ekosistem yang ada agar tetap seimbang. Itu ialah alasan selanjutnya. hewan-hewan ini harus di kenal, mulai dari apa jenisnya, bagaimana kehidupannya, hingga cara pengembangbiakannya.

1. Ikan Macropinna Microstoma
Ikan Macropinna Microstoma
ialah salah satu jenis ikan ikanan yang sangat langka. Bahkan gak banyak ilmuan yang mengerti mengenai ikan ini.  Nama lain dari jenis ikan ini biasanya di sebut dengan “Barreleyes fish”. Hal ini di sebabkan sebab jenis ikan ini bisa di putar hingga dengam 360 derajat.

Ada hal yang sangat unik dari jenis ikan ini, yakni ialah di lihat dari bentuk dan jenis kepala yang tampak transparan. Hal ini menyebabkan kita bisa melihat isi kepala dari ikan ini. Banyak mahluk yang takut melihat kepala dari ikan ini. Sebab mereka melihat bentuk kepa, otak, dan organ – organ yang ada di kepala dengan jelas..

2. Colossal Squid
Colossal Squid
Merupakan jenis cumi – cumi yang bentuknya amat besar sekali. Sayangnya hanya sedikit orang saja yang mengerti mengenai jenis colossal squid ini. Hewan yang amat besar ini punya bola mata yang amat besar sekali, bahkan besarnya lebih besar dari pada telapak tangan mu. Tantakelnya yang panjang dan lebar. Ia mampu menyebet lawan dan musuh menggunakan alat tersebut.

Hal ini menyebabkan collosal squid menjadi salah satu hewan buas yang ada di dasar lautan. Bahkan, bisa di katakan bahwa ia ialah  salah satu jenis hewan in – vertebrata terbesar yang pernah ada. Mereka hidup dalam dasar laut yang amat dalam. Penemuannya berada di laut Antartica. Oleh sebab itu, tak jarang hewan ini di sebut dengan nama Antartic Colossal Squid. sebab memang hidupnya berada di antartika dengan suhu yang amat ekstrim.

3. Giant Squid
Giant Squid
Merupakan salah satu makhluk laut yang amat besar tubuhnya. Meskipun jika di bandingkan dengan colossal squid, masih kalah besar. Namun keberadaan mahluk ini, sangat membuat gempar dunia. Sayangnya gak banyak orang dan ilmuan yang mengerti dan tahu keberadaan hewan ini. Besar ukuran dari hewan ini antara lain ialah memilki tubuh seukuran 43 kaki panjangnya, serta punya berat hingga dengan 1,000 pon atau setara dengan 450 Kg. Giant squid yang pertama kali di ketahui dan masih hidup ialah giant squid yang terekam oleh beberapa ilmuwan yakni pada Juli tahun 2012.

4. Hiu Frilled
Hiu Frilled
ialah salah satu jenis dari dua spesies ikan hiu, yakni berasal dari keluarga Chlamydoselachidae yang di ketahui dan masih ada. Ikan ini juga biasa di kenal dengan nama “living fossil” atau dengan kata lain ialah “fosil hidup”. Hal ini di sebabkan sebab karakteristik dari tubuhnya yang bisa di sebut dengan amat primitif. Bahkan jenis ikan hiu ini akan amat jarang sekali ditemui. Sebab, hidupnya ikan ini berada di dalam laut yang amat dalam dan dasar. Oleh sebab itu amat susah tuk merekam keberadaanya.

5. Hiu Goblin
Hiu Goblin
Merupakan salah satu jenis hiu yang punya garis keturunan lebiih dari 125 juta tahun yang lalu. Menurut informasi yang terkait, ikan ini merupakan salah satu perwakilan dari jenis Mitsukurinidae.

6. Ikan Fangtooth
Ikan Fangtooth
ialah salah satu jenis ikan yang sangat buruk dan menakutkan yang adal di dalam laut. Di sebut dengan fang tooth sebab memang ikan ini punya bentuk yang panjang, dan bentuknya tajam. Serta punya gigi kuat dan tajam serupa dengan serigala serta mulut yang lebar. Beberapa orang menyebut ini sebagai Ikan ogrefish, sebab sebab bentuknya yang bisa di bilang menyemkan. Habitat ikan ini berada di dalam kedalaman sekitar 16.000 kaki.

Ia termasuk jenis ikan yang kuat, sebab mampu hidup dan bertahan pada tekanan air intens hingga mendekati beku. Ikan jenis ini masuk kedalam jenis omnivora. Sebab secara logika, hewan dalam kedalaman yang amat ia harus mampu bertahan hidup. Sehingga ia memakan apa saja tuknya bertahan.

7. Weird Creature 1
Weird Creature 1
Sebenarnya hewan ini belum di identifikasi nama dan jenisnya apa. Tampak dari luar saja, hewan telah telah amat menakutkan. Bagaimana gak, sebab tampilan dari hewan ini serupa dengan monster berwajah mengerikan. Pertama kali, hewan ini di temukan oleh tentara Rusia di Pantai Sakhalin, yakni merupakan salah satu daerah yang berada paling timur Rusia.

Di lihat sekilas, hewan ini gak bisa masuk dalam kategori ikan ikanan. Sebab susunan kerangka dan giginya yang sedemikian rupa. Malah lebih serupa di kaitkan dengan jenis buaya atau aligator. Kulit dari Makhluk ini terdapat bulu bulu di sekitar tubuhnya. Menurut informasi yang ada, mahluk tersebut sedang di bawa oleh pihak Rusia tuk penelitian lebih lanjut.

8. Fanfin Seadevil
Fanfin Seadevil
ialah salah satu jenis ikan yang mempunyai bentuk sangat aneh. Menurut determinasi keluarganya, ia termasuk dalam jenis angler fish. Perbedaan yang paling mendasar bahwa ikan ini berbeda dari angler fish biasa ialah adanya umpan yang ada di atas kepalanya. Yakni semacam umpan bio luminescent. Hanya ada sedikit informasi mengenai hewan ini. Sebab ilmuan belum menemukan lebih lanjut keberadaan hewan ini. Selain pencariannya yang sangat sulit, hewan ini tergolong buas. Ia masuk dalam karnivora dan pemakan segala. Kebanyakan ia menjadi salah satu mahluk laut yang benar benar di hindari.

9. Ikan Angler

Ikan Angler
ialah ikan Angler – Lophiiformes (dalam bahasa Inggris ialah Monkfish, Goosefish, Anglerfish) atau biasanya di sebut dengan Ikan Sungut Ganda. Merupakan salah satu jenis ordo ikan bertulang sejati atau vertebrae. Biasanya mereka hidup berada di laut dalam. Habitat asalnya yakni ada di wilayah Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Laut Mediterania, dan Samudra Atlantik.

Jenis dari Ikan ini ialah (ordo Lophiiformes) tampak mencolok pada bagian kepala yang sangat besar dan luas. Lophiiformes merupakan jenis ikan karnivora. Hewan ini punya mulut yang besar dan bergigi tajam. Bahkan setiap Ikan yang berasal dari ordo Lophiiformes ini mampu menyelam hingga ke dasar laut. Kemudian, jika ia merasa gak aman, ikan ini mampu menyerang ikan lain dengan mulut yang sedikit menghadap ke atas. Selain itu, di sebelah atas mulut ini ada antena yang bisa  bergerak gerak. Biasanya bagian ini di gunakan sebagai umpan tuk menarik perhatian mangsa. Bahkan, kadang kala jenis ikan Lophiiformes sering naik hingga permukaan laut. Tujuanya ialah tuk menyerang burung laut.

10. Coffin Fish
Coffin Fish
Salah satu kerabat dekat dari ikan angler antara lain ialah Coffin fish. Di lihat dari determinan keluarganya, ikan coffin ini merupakan salah satu bagian keluarga dari chaunacidae (sejenis anglerfish laut dalam). Habitat dari ikan ini berada pada kedalaman lereng kontinental yang ada di samudra atlantik, laut india dan laut pasifik. Biasanya ikan ini akan di temukan dalam kedalaman lebih dari 2000 meter. Ikan ini mempunyai tubuh bulat dengan duri seluruh tubuh.

11. Cumi Cumi Piglet (Seapig)
Cumi Cumi Piglet (Seapig)
Merupakan jenis dari cumi cumi yang besar. Di namakan dengan cumi cumi babi sebab memang warna tubuhnya serupa dengan babi, yakni kemerahan. Selain itu bentuk lengan dan tantakelnya serupa dengan jumbul yang berumbal. Tubuhnya yang bundar ini menyebabkan tubuh hewan ini mengalami pigmentasi. Hampir seluruh tubuhnya tampak tembus pandang. Hanya beberapa bagian saja yang mengandung kromatofor, sehingga gak jelas. Biasanya mahluk ini hidup di dasar laut yang amat dalam.

12. Shovelnose Guitar Fish Mouth
Shovelnose Guitar Fish Mouth
Merupakan salah satu jenis ikan guitar yang di namai dengan The Shovelnose Guitarfish atau Rhinobatos productus. Hal ini di namai demikian sebab Ikan ini punya bentuk tubuh yang serupa atau menyerupai gitar. Biasanya jenis ikan ini dapat di temukan pada sekitar dasar pasir, yakni berada pada kedalaman di bawah 40 kaki atau lebih. Warna ikan ini sekilas sama dengan warna pasir laut.

Hal ini amat menguntungkan baginya dalam hal mencari makanan. Cara hewan ini tuk menemukan makanannya ialah dengan mengubur tubuh mereka di antara pasir. Hanya tampak lubang hidung yang tampak menunggu hingga mangsa mendekat.

13. Ikan Viper
Ikan Viper
Merupakan salah satu jenis Ikan yang predator, bahkan ia di juluki sebagai predator terhebat. Ia mampu memikat dan menyerang mangsanya dengan tubuhnya yang menarik. Misalnya dengan menarik perhatian alga, dan tanaman yang lainnya. Sebab ikan ini mampu menghasilkan cahaya, sehingga tampak memukau. Organ tersebut ialah photophore. Merupakan organ yang terletak pada ujung tulang dorsal. Ketika cahaya ini berkedip, maka bisa mematikan sementara korban sasarannya. Nah pada saat itulah ia akan menggerakkan tulang punggung yang ada di sekitar, bentuknya serupa dengan pancing.

Jenis ikan ini punya variasi dalam warna, misalnya seperti perak, hitam dan hijau. Biasanya, ia menggunakan taring yang bentuknya seperti gigi tuk melumpuhkan mangsa. Saking panjang taring yang di miliki, viper fish ini gak mampu tuk menutup mulut. Ikan ini merupakan jenis Vertebra pertama, yang biasanya di kenal tuk menyerap kejutan serangan. Musuh utamanya ialah dragon fish, serta beberapa makhluk kecil lain. Hewan ini termasuk hewan yang kuat, sebab mereka mampu hidup lama meskipun gak ada makanan.

14. Dumbo Octopus
Dumbo Octopus
Merupakan salah satu jenis gurita yang masuk dalam marga grimpoteuthis. Hewan ini di kenal dengan sebutan dumbo octopus, sebab ia punya telinga yang bentuknya serupa dengan sirip. Bentuknya serupa dengan salah satu jenis tokoh kartun dari Walt Disney. Makhluk ini termasuk salah satu jenis mahluk hidup yang kuat. Sebab ia mampu bertahan dalam di kedalaman yang ekstra ektrim, yakni pada 3.000 hingga 4.000 meter. Bahkan ada juga yang bisa bertahan hidup hingga kedalaman 7.000 meter di bawah permukaan laut. Sehingga di dalam laut tersebut telah gak di temukan terumbu karang.

Hewan ini merupakan salah satu jenis Gurita yang sangat langka. Tercatat ia punya ukuran yang panjang, yakni 1,8 m serta punya berat 5,9 Kg. Hewan ini bisa berenang hanya dengan menggunakan sirip yang bentukya serupa dengan kuping. Biasanya ia memakakan makhluk lain yang punya ukuran lebih kecil. Contohnya antara lain ialah hewan laut kecil dan cacing laut.

15. Weird Creature 2
Weird Creature 2
Selain di sebut sebagai weird creature 1, ternyata masih ada jenis weird creature 2. Yakni berupa Makhluk aneh yang di temukan tengah terdampar di pantai. Mereka gak bisa mengidentifikasi mahluk apakah ini. Bahkan peneliti dan ilmuan belum bisa mengklasifikasi jenis apa makhluk ini. Ia punya sangat banyak teritip yang panjangnya menjuntai dari tubuhnya. Beberapa orang banyak yang menyebut hewan ini sebagai jenis crustacean. Belum bisa di identifikasi bagaimana ia hidup, cara makan, habitat, maupun daur hidup yang di lakukan.

16. Break The Chain Fish
Break The Chain Fish
Merupakan salah satu ikan yang di temukan pada kedalaman besar dari Kutub Utara ke Antartika. Ia merupakan salah satu anggota keluarga dari kumpulan ikan ikanan  laut yang tinggal pada kedalaman tertentu. Ikan Grenadiers pernah terlihat pada film Titanic, yang mana benyak jenis ikan ikanan tersebut tampak selalu mengintai bagian bagian kapal hasil dari kecelakaan.

17. Black Lip Rattail Fish
Black Lip Rattail Fish
Sekilas anda melihat ikan ini, sebenarnya tampak unik dan lucu. Mengapa, sebab ia punya moncong yang panjang sekali pada bagian depannya. Serta mata yang berada di sisi kanan dan kiri ikan ini tampak aneh. Meskipun begitu, ia tetap bernafas dengan insang.

Sebenarnya moncong yang adap pada bagian depan ini biasanya di gunakan Ikan tuk mencari makanan di dasar laut. Caranya ialah dengan meluncur meluncur, bagian kepala di bawah serta ekor ke atas. Sebab ikan ikanan jenis ini mencari makanan di tanah berlumpur. Ia bergerak menggunakan dengan sirip yang panjang. Bentuk Kepala yang segitiga ini amat membantu tuk menemukan makanan yang berada di bawah lumpur. Ia juga punya Sisik yang serupa dengan baja, letaknya berada pada kepalanya. Gunanya ialah tuk membantu melindungi ikan ini dari predator.

18. Mantis Shrimp
Mantis Shrimp
ialah salah satu jenis udang udangan yang ada di dalam laut. Ia masih salah satu dari kerabat jauh dari udang, kepiting dan lobster. Hewan laut ini menjadi sangat terkenal sebab pada sepasang kakinya yang merupakan bagian sangat berbahaya. Mengapa ? Pada kakinya hewan ini punya bagian yang amat tajam sehingga mampu membunuh mangsanya dalam sekali serangan.

19. Axolotl
Axolotl
Merupakan salah satu jenis spesies yang sangat eksklusif, berasal dari danau Xochimilco, di Meksiko. Hewan ini merupakan salah satu jenis hewan yang terkenal sebagai mahluk raksasa air. Jenisnya berupa hewan salamander. Ia bukan hanya punya wajah sedikit lucu, namun juga punya rambut yang aneh, berwarna  merah menyala. Salamander jenis ini punya bentuk insang seperti bulu.

Hewan ini hidup di lingkungan yang keras, sehingga harus mampu mempertahankan fitur – fitur seluruh hidupnya yang di namakan dengan neotheny. Namun yang terjadi ialah amvibi ini telah gak banyak ada di dunia. Sebab habitatnya telah di persalah gunakan di negara Mexico sana. Hewan ini merupakan salah satu korban polusi, sehingga penerus dan keturunannya susah tuk hidup.

20. Ikan Elephant Mouth
Ikan Elephant Mouth
Ikan ini punya bentuk mulut dan wajah yang aneh. Salah satu anggota Keluarga dari Mormyridae. Ikan ini termasuk jenis dari “elephant fish”, sekilas memang serupa dengan bagian telinga gajah yang ada di kepala ikan. Ia salah satu jenis ikan air tawar dalam, yang berasal dari Afrika asli. Menurut hasil penelitian, Ikan ini punya otak yang sangat besar. Bahkan mereka meyakini bahwa ikan elephant mouth juga punya inteligensi yang tinggi (sebab otaknya yang besar tadi).

Ikan ini memang tampak berbeda dengan jenis ikan Australian ghost shark (atau Callorhinchus milii). Sebab ikan tersebut juga masuk dalam sebutan “elephant fish”. Sayang menurut penelitian yang di lakukan di Australia, Ghost Shark di sebut juga dengan sebagai elephant shark.

21. Frog Fish
Frog Fish
Merupakan salah satu jenis hewan yang masuk dalam golongan ikan. Frogfish merupakan salah satu jenis ikan yang di temukan oleh Ted Pietsch, Rachel Arnold dan David Hall. Beliau merupakan instruktur penyelam yang berasal dari Amerika. Setelah menemukan jenis ikan ini, mereka mempublikasikan penemuan tersebut di dalam jurnal ilmiah Copeia, 2008. Dari hasil publikasi tersebut, menjadikan ikan Frogfish amat terkenal, bahkan  di seluruh dunia. Hal ini di sebabkan sebab bentuk ikannya yang unik.

Selain itu, ikan ini punya perilaku yang berbeda dengan jenis ikan lain biasanya. Frogfish punya kesamaan struktur serupa dengan kadal, yakni mampu mengganti warna kulit, sehingga bisa menyerupai lingkungannya. Ikan jenis frog fish ini punya banyak dan berbagai bentuk.

Pertama kali penemuan dari ikan ini berada pada Negeri Laha, yakni sebuah desa pesisir di perairan dangkal Pulau Ambon. Selain itu, di dekat teluk Ambon, serta di beberapa spot di Bali dan Sulawesi ternyata juga memliki frog fish. Namun ia punya berbagai bentuk dan warna yang berbeda – beda. Sayangnya, ikan unik jenis ini termasuk dalam kategori terancam langka. Kini, para penyelam amat sulit sekali menemukannya. Sebab ekosistem kini telah mulai rusak sebab adanya banyak pencemaran.

22. Basket Starfish
Basket Starfish
Bentuk Ikan ini sangat rumit dan aneh. Sebab bentuknya lebih serupa dengan bintang serta keranjang yang bergerombol urel – urel. Sebenarnya, Ikan ini masih punya kekerabatan saudara dengan hewan bintang laut. Ia punya Tentakel yang menyerupai dengan akar pohon. Tantakel yang ada di dalam tubuh ikan ini biasanya di gunakan tuk memakan serta menangkap serangga laut agar ia bisa mati dalam satu serangannya.
Load disqus comments

0 comments