5 Insiden Pesawat Boeing yang terjadi sepanjang Tahun 2013

[lihat.co.id] - Salah satu pesawat Boeing kembali mengalami insiden. 
Kali ini milik maskapai dalam negeri, Lion Air, yang gagal mendarat di Bandara Ngurah Rai.

Kejadian ini bukan yang pertama kali, 
tapi merupakan salah satu dari cerita panjang soal kecelakaan yang pernah menimpa Boeing. 
 
Tahun ini saja, sudah lima pesawat Boeing mengalami insiden dari empat maskapai yang berbeda Ingin tahu insidennya seperti apa? berikut:5 Insiden Pesawat Boeing yang terjadi sepanjang Tahun 2013 Seperti dikutip dari:finance
 
1. Percikan Api di 787 Dreamliner milik Japan Airlines (JAL)
[lihat.co.id] - Pada 7 Januari 2013, percikan api muncul di 787 Dreamliner milik Japan Airlines tak lama setelah mendarat di Boston. Asap dan percikan api timbul akibat masalah pada salah satu baterai pesawat.

Kebakaran terjadi setelah baterai dalam sistem daya tambahan Japan Airlines meledak sekitar pukul 10.30 waktu setempat tak lama setelah penumpang turun.

The Federal Aviation Administration and the National Transportation Safety Board atau Badan Keselamatan Transportasi Nasional langsung melakukan investigasi guna mencari tahu penyebab Boeing terbaru itu bisa terbakar.
 
2. Kebocoran Bahan Bakar di 787 Dreamliner milik Japan Airlines (JAL)
[lihat.co.id] - Pada pekan yang sama setelah insiden percikan api, tepatnya 13 Januari 2013, satu 787 Dreamliner milik JAL mengalami kebocoran bahan bakar Menteri Transportasi Jepang langsung memeriksa dua Dreamliner yang bocor tersebut Penerbangan 787 milik Japan Airlines dari Boston ke Tokyo pun dibatalkan karena adanya kebocoran bahan bakar ini.

3. Muncul Asap di 787 Dreamliner milik All Nippon Airways (ANA)
[lihat.co.id] - Pada 16 Januari 2013, 787 Dreamliner milik ANA melakukan pendaratan darurat setelah muncul asap di dalam kokpit. ANA menyatakan insiden itu kemungkinan terjadi karena adanya masalah di sistem kelistrikan kokpit. ANA juga membatalkan penerbangan Dreamliner karena ada masalah pada rem satu pekan sebelumnya.

Pengawas Keamanan Transportasi AS yang sudah melakukan investigasi melaporkan adanya retak di kaca kokpit pada pesawat 787 milik ANA Dreamliner setelah melakukan penerbangan domestik di Jepang.

Tak mau ambil risiko, dua maskapai penerbangan besar asal Jepang ini, yaitu ANA dan JAL 'mengandangkan' Boeing 787 Dreamliner miliknya sampai dinyatakan aman untuk terbang.
 
4. Muncul asap di Kokpit Boeing 777 Korean Air
[lihat.co.id] - Minggu malam lalu pesawat Boeing 777 milik Korean Air mendarat darurat di Bandara Narita, Tokyo. Pesawat tersebut terbang dari Seoul menuju Los Angeles, AS.

Namun kapten pesawat mengontak Bandara Narita untuk melakukan pendaratan darurat karena ada asap yang muncul di kokpit pesawat saat terbang 175 kilometer dari Narita.
 
Dilaporkan stasiun televisi NHK, 
terlihat percikan api yang muncul mesin saat pesawat tersebut mendarat di bandara tersebut.

5. Pesawat 737 800 NG milik Lion Air gagal mendarat
[lihat.co.id] - Akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu 13 April 2013, pesawat 737 800NG milik Lion Air gagal mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Sebanyak 101 penumpang dan 7 awak selamat. Belum diketahui apa penyebab pesawat itu jatuh. Pesawat pabrikan Amerika Serikat (AS) itu terbang dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Pesawat dianggap laik terbang.

Ketika pesawat hendak mendarat di runway Ngurah Rai, entah bagaimana pesawat menukik dan mendarat keras di laut sebelum mencapai runway. Padahal pesawat ini merupakan produksi baru 2012 yang diterima Lion Air pada Maret 2013.
Load disqus comments

0 comments